Selasa, 12 Oktober 2010

MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN EMAIL

E-Mail (electronic Mail) adalah fasilitas dalam internet yang berfungsi untuk mengirim serta menerima berita atau pesan kepada/dari seseorang. E-mail account adalah alamat yang dimiliki seseorang sebagai kotak pos yang dituju oleh pengirim agar sampai pada alamat yang diinginkan.

Agar dapat berkomunikasi, maka masing-masing pengguna e-mail harus memiliki email account.
Pada saat ini telah banyak penyedia jasa e-mail baik berbayar maupun gratis yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna internet. Beberapa situs penyedia email antara lain : yahoo, gmail, plasa, dan lain-lain. Di Indonesia penyedia email gratis yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet adalah yahoo.

Membuat Account Email
Berikut ini cara membuat account email menggunakan situs yahoo :
Bukalah website yahoo (untuk Indonesia www.yahoo.co.id) : ketik www.yahoo.co.id kemudian tekan tombol Enter.


Setelah halaman yahoo terbuka, perhatikan tampilannya, kemudian klik “Buat account”
Tunggu sampai yahoo menampilkan formulir berikut :


















Isilah formulir caranya sebagai berikut :
Isilah namamu, yaitu nama depan dan nama belakang. Jika namamu dua suku kata maka suku pertama adalah nama depan dan suku kedua adalah nama belakang, jika hanya satu suku kata nama depan adalah namanu tersebut, dan nama belakang bisa ditambah nama yang anda senangi.
Contoh :
Putra Contoh : nama depan Putra dan nama belakang Contoh
Putra : nama depan Putra dan nama belakang bisa ditambah identitas lain misalnya Contoh
Isilah jenis kelamin dengan cara mengklik pilihan yang tersedia, hanya ada dua pilihan Laki-Laki atau Perempuan.
Ketik tanggal Lahir Anda dari angka 1 – 31, kemudian pilih bulan lahir Anda, dan ketik tahun lahir Anda. Misalnya 12 Januari 1990.
Isi negara tempat tinggal, karena yang digunakan adalah yahoo Indonesia, maka otomatis langsung terisi Indonesia. Jika Anda tinggal bukan di Indonesia dapat dipilih dengan mengklik pilihan yang sudah disediakan.

Isi ID dan kata sandi, untuk ID kita bisa membuat sendiri atau disediakan oleh yahoo dan kita tinggal memilih. Sebagai contoh berikut :






Untuk memilih salah satu ID Yahoo dan E-mail, klik salah satunya misalnya nomor 1.
Isi Kata Sandi (Password) yaitu kata kunci yang menjadi suatu kerahasiaan bagi kita dan jangan disebarkan dengan orang lain demi keamanan email Anda nanti. Minimal 6 karakter dan maksimal 32 karakter. Kata sandi tidak boleh lupa, dan pengetikan kata sandi akan berubah menjadi karakter bintang ( ******* ).
Ketik ulang kata sandi, harus sama dengan yang pertama.









Selanjutnya pilih pertanyaan dan ketik jawabannya. Pertanyaan ini berfungsi jika Anda lupa sandi atau ID Anda, yahoo akan memberikan pertanyaan dan Anda harus menjawab pertanyaan dengan benar (sesuai dengan yang Anda buat waktu mendaftar di yahoo), jika jawaban Anda benar maka yahoo akan memberitahukan user atau sandi Anda yang lupa.















Ketik kode yang diberikan yahoo pada kolom yang disediakan, kode tersebut berupa huruf dan angka yang harus diketik sesuai dengan tampilan, misalnya huruf besar (kapital) dan kecilnya. Misalnya : FdMnp7n


Klik “Buat Account Saya”, dan tunggu konfirmasi dari yahoo. Jika tidak ada kesalahan dalam pengisian data dan pengetikan kode, maka user ID atau E-mail kita akan ditampilkan oleh yahoo. Jika terdapat kesalahan pengetikan kode, yahoo meminta Anda kembali untuk mengetikkan kode baru yang ditampilkan. Jika ada kesalahan pengisian data yahoo memberikan peringatan dengan huruf berwarna merah pada bagian yang salah.















Berikut konfirmasi dan ucapan selaman dari yahoo.
Catat ID yahoo dan alamat email anda seperti di atas : contohputra@yahoo.co.id dan password
Anda ingat sendiri jangan disebarluaskan dengan orang lain, nanti membahayakan Anda sendiri.

Gunakan email Anda sesuai dengan keperluan Anda, tentunya hal - hal yang positif. OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda :