Jumat, 08 April 2011

Nano Station Radio alternatif akses internet

Tidak punya jaringan telepon untuk akses internet dari telkom memang menjadi kendala yang besar untuk menikmati layanan dunia maya ini, ditambah lagi tidak punya anggaran dana yang memadai, akan menjadikan kita semakin tertinggal. Begitu juga dengan lembaga pendidikan di era sekarang ini, dimana IT menjadi bagian penting dalam kemajuan suatu lembaga pendidikan. Sebagian orang memandang bahwa, lembaga pendidikan yang maju dapat dilihat dari sistem IT yang baik, dan penggunaan IT yang proporsional.

Menanggapi hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi MAN Pangkalan Balai untuk mengadakan perangkat akses internet ini, dengan kendala tidak ada jaringan kabel telepon yang mengarah ke sekolah dan tidak adanya anggaran dana yang memadai dari Pemeritah, walaupun sebenarnya MAN Pangkalan Balai mendapat bantuan layanan internet dari Pemerintah beberapa waktu lalu, namun karena kendala tidak adanya jaringan kabel telepon, akhirnya kesempatan ini batal.

Melihat keadaan ini, kepala madrasah Drs. Ali Hasymi, MM mencoba mengajak orang tua wali siswa melalui Komite Madrasah, berencana mengumpulkan dana untuk pemasangan jaringan internet di MAN Pangkalan Balai. Alhasil orang tua siswa baru yang diterima di MAN Pangkalan Balai dengan sukarela memberikan bantuan dana untuk pemasangan jaringan LAN dan tower radio internet yang dananya cukup besar.

Radio Nano Station adalah pilihan yang diambil oleh MAN Pangkalan Balai untuk akses internet Speedy. Dengan perangkat radio ini siswa MAN Pangkalan Balai dapat menikmati layanan internet, dan Bapak/Ibu guru dapat menggunakan internet ini untuk kegiatan pembelajaran, serta tata usaha dapat menggunakannya untuk keperluan administrasi.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan, jika ada niat dan kemauan. Salah satunya sudah dilakukan langsung oleh Kepala MAN Pangkalan Balai untuk membawa MAN Pangkalan Balai lebih maju dan berdaya saing dengan sekolah lainnya. Keadaan ini telah menghantarkan MAN Pangkalan Balai meraih nilai Akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda :