Minggu, 01 Desember 2013

NASKAH SOAL 12 IPA PERPUSTAKAAN



Petunjuk :
·         Download soal ini, atau copi ke Ms Word
·         Jawablah soal dengan mengetik pada e-mail masing-masing.
·         Jawaban dikirim ke e-mail : suryadi.fisika@yahoo.co.id
·         Jawaban dikirim via e-mail mulai hari Minggu 1 Desember 2013 Pukul 14.00 WIB dan paling lambat Senin 2 Desember 2013 pukul 10.00 WIB. Lewat dari jam tersebut, jawaban dinyatakan diskualifikasi.


Setiap siswa hanya mengerjakan 3 butir soal dengan ketentuan :
Siswa dengan Nomor Absen ganjil Nomor 1, 3, 5
Siswa dengan Nomor Absen genap Nomor 1, 4, 5


1.      Suatu gelombang berjalan memenuhi persamaan y=0,4 sin 4πt +8πx dengan x dan y dalam m dan t dalam sekon. Hitunglah :
a.      Amplitudo gelombang
b.      Kecepatan Sudut
c.       Frekuensi gelombang
d.      Bilangan Gelombang
e.      Panjang gelombang
f.        Cepat rambat gelombang
g.      Persamaan kecepatan gelombang
h.      Persamaan percepatan gelombang

2.        Mobil A mendekati pengamat (diam) dengan kecepatan 30 m/s sambil membunyikan sirine berfrekuensi 504 Hz. Saat itu juga mobil B mendekati P dari arah yang berlawanan dengan A, pada kecepatan 20 m/s sambil membunyikan sirine berfrekuensi 518 Hz. Jika cepat rambat bunyi di udara saat ini 300 m/s maka frekuensi layangan yang didengar P adalah ....

3.        Kereta api akan masuk stasiun mengeluarkan bunyi peluit dengan frekuensi 880 Hz. Kecepatan kereta api tersebut 20 m/s dan kecepatan rambat bunyi di udara 340 m/s. Berapakah frekuensi yang didengar seseorang yang sedang duduk di stasiun !

4.        Sebuah pipa organa panjangnya 50 cm ditiup oleh seorang anak, sehingga cepat rambat bunyinya 50 m/s. Hitunglah besarnya nada dasar, nada atas pertama, nada atas kedua, dan ketiga !

5.        Sebuah sirine memiliki intensitas 10-6 W/m2 berapakah taraf intensitas sirine tersebut jika intensitas ambang pendengaran manusia adalah 10-12 W/m2 dan jika ada 100 buah sirine dibunyikan secara serentak berapakah taraf intensitasnya sekarang !

6.        Taraf intensitas bunyi sebuah mesin rata-rata 50 dB. Apabila 100 mesin dihidupkan bersamaan, maka taraf intensitasnya adalah ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda :