Kamis, 14 September 2017

Kegiatan Diskusi Membangun Karakter Aktif


Pangkalan Balai, Inmas.
Kegiatan diskusi materi pelajaran, dihadapan seluruh teman-teman di ruang kelas, merupakan salah satu cara untuk membangun karakter aktif dalam pembelajaran. Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas X IPS1, pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di ruang kelas X IPS1 Manpaba, Selasa  (12/9).
Pada materi pelajaran kali ini, siswa-siswi Manpaba kelas XI IPS1 menjelaskan tentang kemu'jizatan Al-Qur'an dan bukti kontentika Al-Qur'an. Satu persatu siswa diminta untuk mempresentasikan, hasil mempelajari materi tersebut, dengan disaksikan oleh guru bidang studi dan siswa di ruang kelas.
Choirin Nisa salah satu siswi kelas X IPS1 mengatakan, Ia senang belajar dengan diskusi seperti ini, karena selain menambah ilmu, Ia juga dapat lebih percaya diri ketika maju kedepan kelas berhadapan dengan teman-teman dan guru.
“Walaupun merasa grogi untuk menjelaskan seperti guru, berkat banyak membaca buku, akhirnya saya bisa mempresentasikan materi tersebut, dan juga menjawab pertanyaan teman-teman”, tuturnya.
Sementara itu guru bidang studi Susiana, S. Pd. I mengatakan, pada pelajaran Al-Quran Hadits ini siswa-siswi dituntut aktif dalam pembelajaran, diantaranya dengan metode mempresentasikan materi pelajaran di depan kelas. Hal ini untuk melatih siswa untuk belajar mandiri dan mengeksplorasi diri.
“Hasil dari pembelajaran ini, siswa-siswi mampu mempresentasikan materi pelajaran dan menjawab soal-soal untuk menguji pengetahuan, dengan hasil baik”, tutupnya.(TSD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda :